Rabu, 28 Oktober 2009

the book of lost things -review

the book of lost things adalah buku terakhir yang mampu saya beli.adapun alasan saya membelinya adalah: pertama karena terkesan dengan covernya yang berwarna ungu cerah, kedua, karena saya suka tebalnya, ketiga karena saya penasaran dengan isinya. mungkin banyak yang sudah tahu bahwa john connoly adalah penulis yang terbiasa menulis buku-buku misteri dan tokoh detektif yang bernama charlie parker. entah ini eksperimen atau apa, tapi dia berhasil menggelitik rasa ingin tahu saya.

meskipun sampulnya berwarna cerah, isinya sangatlah murung. ada snow white yang bukan snow white, sleeping beaty yang bukan sleeping beauty, gadis kerudung merah yang bukan kerudung merah, dll.

ceritanya tentang david yang iri atau bisa dikatakan benci pada ibu tiri dan adik tirinya yang dia anggap telah merebut ayahnya sepeninggal ibu nya yang tercinta. akhirnya ia mengisolasi diri dengan buku-bukunya yang secara aneh (?) memiliki bisikan-bisikan.

seperti biasa, john connoly kadang terlalu banyak menuliskan/menceritakan hal-hal yang tidak perlu atau mungkin menurut dia perlu tapi menurut saya terlalu bertele-tele. hal ini juga yang menambah kemurungan buku ini, saya rasa.

jadi beberapa halaman awal kisahnya berputar-putar seputar isu yang sama, hingga satu waktu dikisahkan bahwa david "dipaksa" menyeberang ke dunia lain - dunia dongeng yang ia baca.

dan kisah perjalanan david pun dimulai. ia harus pergi bertemu raja dunia itersebut karena konon hanya raja lah yang memiliki pengetahuan yang bisa membawa david pulang. dalam perjalanan dia bertemu banyak orang : si tukang kayu yang jadi teman pertama nya, kaum loup yang merupakan campuran serilagala dan manusia, 7 kurcaci dan snow white, sang pemburu yang psychopatik, roland yang ksatria, cacing raksasa, sleeping beauty, dan tokoh-tokoh lainnya. btw tokoh antagonis dalam novel ini menamakan dirinya si lelaki bungkuk

perlu dicatat bahwa ini bukan buku cerita anak-anak meskipun tokoh david masih anak-anak. ada banyak pembunuhan dan cerita seram dalam buku ini. saya pribadi salut atas keberhasilan john connoly mempertahankan aura murung dari buku ini

jika harus memberi bintang pada buku ini ... saya kasih 2 1/2 bintang aja dari 5 bintang yang disediakan.

btw, buku ini diterbitkan tahun 2006 .. jadi ya better late than never


selamat membaca .. semoga bermanfaat


=galih=

Tidak ada komentar:

Posting Komentar