Selasa, 27 Oktober 2009

40 tahun space oddity --- mengisi waktu luang

akhirnya mendapatkan waktu luang dan pinjaman netbook diantara ribuan -sekedar melebihkan- sesi therapy.... selanjutnya ?

bingung juga ya .. awalnya sih pengen menulis review sebuah .. eh 2 buah buku yang terakhir saya baca yaitu perahu kertas dari dee, dan the book of lost things tulisan john connoly. tapi pada akhirnya saya putuskan tidak menulis itu dahulu tapi tulisan berikut semangatnya masih tentang itu yaitu review.

beberapa hari terakhir (setidaknya sejak saya terakhir on line), beberapa teman facebook saya memberikan link yang sama yaitu lagu space oddity dari penyanyi yang bernama david robert jones atau biasa kita kenal sebagai david bowie. album ini dikeluarkan pada november 1969 dan berhasil membuka mata dunia pada karya david bowie. sebelumnya david udah pernah mengeluarkan 1 album dengan nama david bowie dan beberapa single. namun, baru pada space oddity ini, beliau berhasil menmbus uk singles chart dan masuk jajaran top five.

saya pribadi suka lagu ini karena nuansanya sangat-sangat luar angkasa. pertama kali saya dengar lagu ini, di televisi sedang rame-ramenya film kartun/anak yang menampilkan tokoh-tokoh dari luar angkasa semacam space ghost, silverhawk, captain galaxy, etc.

awalnya saya hanya bisa mendengarkan 1 lagu karena memang lagunya saya rekam dari radio, jadi kadang lagunya banyak ngageol. baru setelah smp, saya bisa ngerti apa yang david bowie ceritain di lagu ini. oh lagunya adalah space oddity.

Ground Control to Major Tom
Ground Control to Major Tom
Take your protein pills and put your helmet on

Ground Control to Major Tom
Commencing countdown, engines on
Check ignition and may God's love be with you
......


lagunya asik. nyantai. jadi jika dengerin sambil merem (buat saya pribadi) rasanya kayak ngambang di angkasa. apalagi pas bagian lirik ini
...
Here am I floating round my tin can
Far above the moon
Planet earth is blue
And theres nothing I can do.
...

musiknya juga asik. riffing gitar akustik diaduk sama stylophone dicampur suara mellotron yang psychedelic. pokoknya orgasmic

kakek saya bercerita bahwa waktu itu ( tahun 1969 ) lagu ini dikait- kaitkan sama neil armstrong yang pada bulan juli tahun yang sama berhasil mendarat di bulan. tapi salah satu teman kakek juga pernah bercerita klo sesungguhnya lagu ini berccerita tentang orang yang nge-fly yang lagi in tahun segitu. terlepas dari masalah itu. lagunya emang enakeun

baru tahun 96 selepas smp saya baru bisa dapet satu album penuh di pasar jumat kaget depan salman itu pun setelah tidak makan siang selama 1 minggu. tapi tentu saja kepuasan yg didapat jauh lebih besar.

sedikit oot ... ternyata tokoh major tom dalam lagu space oddity sepertinya menjadi tokoh yang ingin terus dihidupkan oleh bowie dan "pengikut" space oddity. berikut penampakan major tom yang saya tahu :

* david bowie : space oddity, ashes to ashes, hallo spaceboy ... hallo spaceboy kemudian di remake oleh pet shop boy
*peter schelling : major tom (coming home) .. klo ga salah ini juga ada yang nge remake
*five star : saya lupa judulnya tapi di lagu itu disebut2 major tom dan robin hood
*marylin manson : ada sodom2 gitu deh
*deff leppard : "rocket", ada lagi tapi lupa judulnya
*K.I.A : Mrs. major tom

weh .. banyak ternyata.. tapi waktu rehatnya dikit lagi

lanjt aja deh tentang albumnya .... di album ini david bowie hebat sekali. vokalnya berubah-rubah. bahkan di lagu space oddity kita bisa rasakan perbedaan gaya vokalnya. ada yang kayak mick jagger gaya nyanyinya, trus ada yang folksie gituh kayak bob dylan .. pokoknya album ini highly recomended

ow .. sayang sekali, sebetulnya masih banyak yang inginh dibagi, tapi sayang sekali, saatnya kembali therapi, lalu istirahat sampai ke pagi.

so ... sampai jumpa lagi .. maaf setengah-setengah


selamat ulang tahun .. space oddity ... bulan depan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar